01.32

REGULASI DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP PEMBERDAYAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO

Assalamualaikum wr.wb

Yang saya hormati bapak gubernur Irwandi, saya Fatma Novi Syahrina mahasiswi dari fakultas Ekonomi Universitas Syiahkuala ingin menyampaikan beberapa hal terhadap pemberdayaan lembaga keuangan mikro di nanggroe aceh Darussalam.

Kami melihat bahwa LKM yang ada di nanggroe aceh Darussalam ini sangat kurang diperhatikan oleh pemerintah kita. Padahal, upaya kemiskinan di Negara kita ini khususnya NAD dapat diatasi dengan tumbuhnya LKM diantaranya adalah dengan pemberian akses yang luas terhadap sumber-sumber pambiayaan bagi usaha kecil dan mikro ( UKM ) yang pada dasranya merupakan bagian dari masyarakat miskin yang mempunyai kemauan dan kemampuan yang produktif.

Untuk itu saya dalam hal ini ingin menyampaikan beberapa rumusan atau saran tentang regulasi atau kebijakan pemerintah daerah dalam memperdayakan LKM kepada Bapak, diantaranya adalah :

1. Komitmen yang kuat pada pengembangan UKM yang sinergi dengan LKM , dan pada akhirnya upaya untuk memutus rantai kemiskinan dapat dilakukan dengan cara yang produktif.

2. Memperkatat aspek kelembagaan LKM sebagaimana yang selama ini telah berjalan pada lembaga-lembaga keuangan formal yaitu mempercepat pengesahan RUU tentang LKM.

3. Lebih mengoptimalkan potensi lembaga keuangan yang dapat menjadi alternatif sumber dana bagi masyarakat pedesaan.

4. diperlukan upaya untuk merevitalisasi kelembagaan khususnya di bidang ekonomi untuk bisa memaksimalkan sumberdaya yang ada di masyarakat pedesaan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

5. Melakukan kebijakan-kebijakan yang menyangkut tentang kelangsungan hidup bagi pada masyarakat kecil khususnya yang mungkin memiliki usaha yang sedang dijalankan melaui peminjaman modal atapun bantuan dana dengan LKm sendiri.

semoga saran ini dapat menjadi pertimbangan serta masukan bagi kita semua guna dalam membangun Aceh yang maju dan bebas kemiskinan.

Terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah memberikan waktunya untuk membaca blog ini. Semoga bapak terus diberikam kekuatan serta ketabhan dalam memimpin daerah Aceh yang kita banggakan ini.

Hormat saya

Fatma novi syahrina

0 komentar: